Perlu Satu Generasi Pulihkan Daerah Bencana

Perlu Satu Generasi Pulihkan Daerah Bencana

Selasa, 04 Januari 2005
Jakarta, Senin – Parahnya skala kerusakan yang terjadi akibat hantaman gelombang tsunami 26 Desember lalu membuat sejumlah organisasi bantuan internasional memperkirakan perlu waktu satu generasi untuk membangun kembali wilayah-wilayah yang hancur. Perkiraan periode waktu satu generasi ini lebih panjang dari yang diperkirakan Sekjen PBB Kofi Annan. Annan memperkirakan perlu 10 tahun untuk merehabilitasi dan merekonstruksi daerah bencana.

Chief Executive World Vision Australia Tim Costello dikutip AFP, Senin (3/1), mengatakan tingkat kerusakan yang diakibatkan oleh tsunami yang melanda 11 negara Asia dan Afrika belum lama ini setara dengan yang dialami Eropa seusai Perang Dunia II. Annan dan Tim Costello yang saudara Menteri Keuangan Australia Peter Costello itu berpendapat, dana bantuan internasional 2,6 miliar dollar AS yang sudah terkumpul sekarang ini tidak akan cukup untuk membiayai rekonstruksi dan rehabilitasi daerah-daerah korban tsunami.

Costello mengusulkan diupayakannya program semacam Marshall Plan seperti diprakarsai AS pada rekonstruksi Eropa pasca-Perang Dunia II. Pimpinan tim bantuan darurat PBB, Jan Egeland, memperkirakan ada sekitar 1,8 juta korban yang perlu bantuan pangan segera, satu juta orang di antaranya dari Aceh dan Sumatera Utara.

Perusahaan asuransi terbesar dunia, Munich Re, memperkirakan kerusakan akibat bencana tsunami di 11 negara itu mencapai 10 miliar euro (sekitar 13,4 miliar dollar AS atau Rp 126 triliun). Meskipun korban jiwa jauh lebih besar, nilai kerugian ekonomi akibat tsunami di Asia ini, menurut ANZ Bank, jauh di bawah gempa bumi Kobe tahun 1995 (132 miliar dollar AS) atau angin topan Andrew tahun 1992 (30 miliar dollar AS).(AFP/Dow Jones/tat)

http://www.kompas.com/kompas-cetak/0501/04/ekonomi/1475339.htm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: