Bank Dunia Puas Rekonstruksi DIY-Jateng

Bank Dunia Puas Rekonstruksi DIY-Jateng

Saturday, 26 May 2007, Berita Utama (Hlm Luar)
JAKARTA (KR) – Bank Dunia menyatakan rasa puasnya atas program rekonstruksi dan rehabilitasi pasca bencana gempa bumi yang melanda DIY dan Jawa Tengah 27 Mei 2006 lalu, yang dibiayai dana multidonor Java Reconstruction Fund (JRF) senilai 79 juta dolar Amerika Serikat (AS).

Rasa puas itu diungkapkan Joel Hellman, Pjs Kepala Perwakilan Bank Dunia di Indonesia, karena laju rekonstruksi seluruh infrakstruktur dasar dan pendukung di seluruh kawasan yang terkena dampak bencana cukup cepat.

Joel Hellman dalam publikasi Bank Dunia sebagaimana dilansir Antara menjelaskan, hanya dalam waktu satu tahun sekitar 8.000 rumah permanen baru dan 5.000 tempat penampungan telah terbangun atau sedang diselesaikan, di 156 desa yang semula hancur luluh.

“Laju pembangunan perumahan di Yogyakarta dan Jawa Tengah setelah tragedi dahsyat, telah mencetak standar internasional baru bagi suksesnya program-program rekonstruksi. Ini menjadi bukti daya tahan masyarakat dan contoh rekonstruksi berbasis masyarakat membuahkan hasil nyata,” ujar Joel.

Selain rekonstruksi di Yogyakarta dan Jawa Tengah, JRF juga telah membangun kembali sekitar 146.173 rumah atau 52 persen dari 280.000 rumah yang dihancurkan oleh gempa di Pangandaran Jawa Barat tahun lalu, sebuah hasil yang luar biasa mengingat dahsyatnya kerusakan yang diperkirakan sekitar 3 miliar dolar AS.

Ditambahkan, keseluruhan nilai program rekonstruksi di Jawa diperkirakan mencapai 883 juta dolar AS, di mana 78 persen berasal dari Pemerintah Pusat dan sisanya berasal dari JRF yang merupakan hasil kontribusi dari Komisi Eropa, Belanda, Inggris, Kanada, Finlandia dan Denmark yang dikelola oleh Bank Dunia.

Hingga saat ini, JRF telah mengalokasikan sekitar 60 juta dolar AS untuk membangun lagi 18.000 perumahan dan 6,6 juta dolar AS untuk 24.000 tempat penampungan. Diperkirakan JRF akan mengalokasikan sekitar 7-11 juta dolar AS bagi proyek-proyek mata pencaharian. (San)-a.

http://222.124.164.132/article.php?sid=124756

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: