Pusat Pengendali Bencana Dipasang di Sumbar

Pusat Pengendali Bencana Dipasang di Sumbar

Padang, 27 Mei 2007 11:06
Pusat Pengendali Operasi Bencana (Pusdalops), sebuah alat penyebarluasan informasi ketika terjadi bencana alam pada satu daerah segera beroperasi di Sumatera Barat (Sumbar), menyusul seringnya terjadi musibah bencana alam di daerah itu.

“Pemerintah pusat menunjuk Sumbar menjadi satu lokasi penempatan Pusdalops itu, karena belakangan ini banyak sekali terjadi bencana alam di sini,” kata Gubernur Sumbar, Gamawan Fauzi, di Padang, Minggu (27/5).

Pusdalops direncanakan dipasang di Sumbar 18 Juni 2007, seluruh peralatan pendukung telah disediakan Pemprov Sumbar termasuk lokasinya dipilih di kawasan Kantor Gubernur Sumbar.

Pusdalops, sebuah alat bantuan Prancis yang berbentuk satu perangkat dihubungkan dengan sistem informasi komputer berfungsi menyebarluaskan informasi dan pengendalian ketika bencana terjadi.

Rangkaian alat diperkirakan senilai Rp60 miliar itu, akan ditempatkan pada empat lokasi di Indonesia, yakni di Badan Koordinasi Nasional (Bakornas) Penanggulangan Bencana, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Pemprov Sumbar, dan Pemprov Nanggroe Aceh Darussalam.

“Sebelumnya telah ada kesepakatan antara pemerintah Indonesia dengan Prancis, yang intinya negara itu akan membantu manajemen bencana di Indonesia, karena menilai potensi bencana itu ada di daerah ini,” jelas Gamawan.

Indonesia, khususnya Sumbar merupakan daerah rawan bencana, seperti tsunami dan gempa bumi.

Jadi dengan adanya informasi bencana itu, dapat disiarkan dengan cepat oleh Badan Meteorologi kemudian ke Bakornas, selanjutnya ke Pusdalops yang telah dirancang itu dan disebarluasnkan ke pihak lain dan keluar negeri. “Pemerintah juga dapat mengambil keputusan cepat dan langsung disiarkan ke masyarakat,” katanya.

Terkait penyebaran informasi, dilakukan dengan berbagai alternatif di antaranya melalui internet, telepon, telepon seluler hingga komunikasi satelit.

Pusat informasi ini sebenarnya bukan saja memperkuat jaringan informasi antara Bakornas dengan provinsi, namun juga memperkuat jaringan antara provinsi dengan kabupaten/kota.

Pusdalops dirancang dengan design standar internasional, sehingga ruangan dan peralatannya akan sama antara daerah yang satu dengan yang lain.

Dalam Pusdalops disediakan tiga ruangan, terdiri dari ruangan rutin berfungsi pengumpulan data, ruangan krisis yang digunakan saat terjadi bencana dan ruangan teknis berfungsi menyimpanan semua server. [EL, Ant]

http://www.gatra.com/2007-05-30/artikel.php?id=104894

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: