PEMBANGUNAN RUMAH GANJIL DI YOGYAKARTA

PEMBANGUNAN RUMAH GANJIL DI YOGYAKARTA

Menyusul bencana gempa bumi 27 Mei tahun lalu, yang terutama melanda Yogyakarta, mengalir bantuan dari luar negeri. Ketika itu, 6.000 orang tewas, dan 280.000 rumah hancur. Harian pagi de Volkskrant, memberitakan proyek pembangunan 71 rumah bantuan organisasi Amerika, Domes for the World, di desa Ngelepen, Yogyakarta. Rumah ini berbentuk kubah, seperti iglo, rumah khas bangsa Eskimo. Kompleks perumahan baru ini mendapat nama “Ngelepen Baru”.

Karena bentuknya yang sangat khas, “Ngelepen Baru”kini menjadi obyek tontonan. Setiap hari, kompleks ini ramai dikunjungi mereka yang penasaran ingin melihat rumah-rumah aneh. Para pengunjung menamakan bangunan baru ini “rumah teletubbies”, mengacu pada suatu seri televisi terkenal. Pihak Domes for the World menyatakan, rumah ini dibangun di seluruh penjuru dunia, dan dijamin tahan gempa. Repotnya, rumah ini sangat kecil. Sehingga tidak ada tempat buat kamar mandi dan kakus. Untuk kebutuhan hajat tersebut, bagi setiap 12 unit rumah, disediakan satu wc umum.

Menurut de Volkskrant, rumah ini lebih mirip gudang. Sri Sultan Hamengkubuwono ke X, sebagai gubernur Yogyakarta, dikabarkan marah besar ketika melihat bentuk rumah ganjil ini. Namun, tidak ada undang-undang yang melarang pembangunan rumah seperti ini. Sri Sultan bertekad, akan mempersiapkan perda, agar bangunan baru sesuai dengan budaya setempat. Sementara itu, para penghuni baru rumah ganjil tersebut, yaitu buruh tani miskin, tampaknya tidak begitu perduli pada tanggapan tersebut. Mardi, salah seorang buruh tani miskin tersebut menyatakan: “Kami ini miskin, tidak punya pilihan. Karena itu, kami gembira dengan apa yang kami peroleh. Rumah ini aman, dan tahan gempa”.

Demikian de Volkskrant, dan sekian pula Ulasan Pers kali ini.

Date: Thu, 31 May 2007 15:10:02 +0000
From: Radio Nederland Berita list manager
Subject: Warta Berita – Radio Nederland, 31 Mei 2007

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: