20.000 Pemuda Akan Direkrut Jadi Satgas Bencana

20.000 Pemuda Akan Direkrut Jadi Satgas Bencana

[MEDAN] Untuk mengantisipasi banyaknya korban jiwa yang jatuh, pada 2008, pemerintah akan merekrut 20.000 pemuda. Mereka dipersiapkan membantu masyarakat sebagai taruna siaga bencana. Perekrutan direncanakan pemerintah menyusul banyaknya bencana yang sering melanda beberapa daerah dalam negara ini. Jadi, setiap daerah provinsi maupun kabupaten, sudah disiapkan pemuda oleh pemerintah, turun langsung bila ada bencana.

“Jumlah itu sudah meliputi seluruh daerah di negara ini, masing-masing dibekali pengetahuan untuk mengetahui cara memberikan pertolongan, menyelamatkan warga bila ada bencana,” ujar Menteri Sosial (Mensos) Bachtiar Chamsyah di Belawan, pekan lalu.

Didampingi Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Rudolf M Pardede dan Wali Kota Medan Abdillah, Mensos yang menyerahkan bantuan alat-alat bangunan terhadap korban bencana kebakaran. Bantuan diberikan kepada masyarakat yang terkena musibah kebakaran di Belawan, awal April 2007. Dalam kejadian itu, 149 rumah penduduk setempat musnah terbakar. Total kerugian mencapai miliaran rupiah.

“Jangan hanya berharap kepada banyak orang, namun masyarakat juga harus menyadari segala kemungkinan yang akan terjadi. Masyarakat harus siap, apalagi sering didengar banyak kejadian di daerah dalam negara ini sering dilanda bencana,” katanya.

Menuntut

Diimbau masyarakat agar tidak terlalu banyak berharap kepada pemerintah, apalagi dalam mengharapkan bantuan. Sifat yang terlalu banyak menuntut bukan suatu perbuatan yang baik. Sebaiknya, masyarakat harus berusaha untuk bangkit kembali. Upaya membangkitkan kembali gairah perekonomian itu ada pada masyarakat.

“Selama masyarakat tidak mau berusaha, apalagi selalu mengharapkan pemerintah, selama itu pula persoalan hidup tidak akan berubah,” jelasnya.

Sebaliknya, masyarakat harus terus berusaha dan berpikir lebih maju memikirkan apa yang dapat diberikan dalam membangun bangsa. “Tidak mengeluhkan persoalan, bangkit bersama dalam membangun kembali daerah terkena bencana sudah membantu pemerintah,” katanya.

[AHS/M-11]

Last modified: 5/6/07

http://www.suarapembaruan.com/News/2007/06/04/Nusantar/nus11.htm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: