DIY DAERAH RAWAN GEJOLAK ALAM; Mendesak, Perda Bencana Alam

Thursday, 07 June 2007, Yogyakarta
DIY DAERAH RAWAN GEJOLAK ALAM; Mendesak, Perda Bencana Alam

YOGYA (KR) – DIY dikenal sebagai daerah yang berpotensi terjadinya gejolak alam yang dapat menimbulkan bencana bagi masyarakat. Apalagi setahun yang lalu, terjadi bencana besar, gempa bumi yang menewaskan ribuan penduduk. Namun sejak terjadinya bencana tersebut, belum juga ada Peraturan Daerah (Perda) tentang Bencana Alam.

“Melihat potensi bencana di DIY, sangat mendesak adanya Perda Bencana Alam, yang mengatur tetang apa saja dilakukan sebelum dan setelah terjadi bencana alam,” ujar anggota DPRD DIY, Arief Rahman Hakim dan M Afnan Hadikusumo secara terpisah, Rabu (6/6) kemarin.

Namun kata Arief, sangat disayangkan, ternyata belum ada pembicaraan apapun mengenai kemungkinan diajukannya draft Raperda Bencana Alam. Dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda), tidak satu pun agenda yang membahas tentang Raperda tersebut.

Setelah terjadi bencana gempa, di DIY muncul kembali bencana lain, seperti angin lesus, gelombang pasang dan juga banjir. Selain itu, beberapa daerah di DIY juga terdapat rawan longsor.

“Kita sudah mewacanakan tentang pentingnya Perda ini. Mungkin karena pejabat Kepala Dinas Trantibum DIY masih baru, sehingga masih harus melakukan penyesuaian tentang ketugasan dan kewenangannya,” ujar Arief.

Menurut Arief, ketimbang Raperda tentang Pajak yang selesai dibahas belum lama ini, keberadaan Perda Bencana Alam jauh lebih penting. Perda ini mencakup banyak hal dalam mengantisipasi dan melakukan reaksi pada bencana alam. (Jon)-b

http://222.124.164.132/article.php?sid=126032

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: