Rp 30 Miliar untuk Perbaiki Sekolah Pascagempa Sumbar

Rp 30 Miliar untuk Perbaiki Sekolah Pascagempa Sumbar

[PADANG] Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Bambang Sudibyo meminta pemerintah kota dan kabupaten di Sumbar, segera membangun kembali sekolah yang rusak akibat gempa bumi, 6 Maret 2007. Pemerintah daerah dapat menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK), dana dekonsentrasi, serta APBD provinsi dan kabupaten/kota.

Demikian dikemukakan Mendiknas Bambang Sudibyo saat menyerahkan bantuan senilai Rp 30 miliar kepada Wakil Gubernur Sumbar, Marlis Rahman, di Padang, Senin (4/6).

Data Dinas Pendidikan Sumbar menyebutkan, akibat gempa 6 Maret lalu telah mengakibatkan empat guru dan empat siswa tewas, dan 1.028 gedung sekolah rusak. Kerusakan itu tersebar di 12 kabupaten/kota di Sumbar. Selain itu, ribuan siswa dan guru alami trauma psikologis yang cukup berat.

Untuk tahun ini, kata Bambang, total dana dekonsentrasi untuk Sumbar mencapai Rp 55,2 miliar dan DAK Rp 219,9 miliar. Dana tersebut dapat digunakan untuk mempercepat rehabilitasi dan rekons truksi di Sumbar, terutama untuk Kabupaten Solok, Agam, Padang Pariaman, Tanah Datar, Padang Panjang, Bukittinggi, dan Kota Pariaman.

“Untuk sekolah yang rusak ringan, seperti retak-retak, kaca-kaca yang pecah, atau lainnya, dana perbaikannya dapat diambil dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS),” ujarnya.

Sementara itu, Wagub Sumbar, Marlis Rahman mengungkapkan, untuk memperbaiki gedung sekolah yang rusak, Pemprov Sumbar akan mengalokasikan tambahan dana pada APBD Perubahan.

“Kita belum tahu berapa dana yang akan kita alokasikan untuk itu. Namun kita upayakan untuk melakukan perubahan nantinya,” kata Wagub. [BO/A-17]

Last modified: 5/6/07
http://www.suarapembaruan.com/News/2007/06/05/Nusantar/nus08.htm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: