MENTERI ESDM DISAMBUT DEMO; Korban Lumpur Lapindo Semakin Jengkel

MENTERI ESDM DISAMBUT DEMO; Korban Lumpur Lapindo Semakin Jengkel
Friday, 15 June 2007, Berita Utama (Hlm Luar)

SIDOARJO (KR) – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Purnomo Yusgiantoro yang juga Dewan Pengarah Badan Penanggulangan Semburan Lumpur Sidoarjo (BPLS), saat berkunjung ke pusat semburan lumpur proyek PT Lapindo Brantas Inc, Kamis (14/6), langsung disambut demo warga korban lumpur dari Desa Siring dan Jatirejo Kecamatan Porong serta Kedungbendo Kecamatan Tanggulangin.

Seperti dilansir Antara, sekitar 50 warga Siring dan Kedungbendo berunjukrasa menuntut pembayaran ganti rugi segera diselesaikan, karena selama ini pembayaran ganti rugi khususnya warga yang hanya memiliki Pethok D dan Leter C terkesan diperlambat dan dipersulit.

Warga jengkel lantaran semburan lumpur sudah satu tahun lebih belum juga berhenti, bahkan kini mencapai 100.000 m3 perhari.

Sedang Ketua Umum PBNU KH A Hasyim Muzadi di Jakarta menegaskan, pihaknya menengarai sikap para korban lumpur Lapindo masuk kategori mengkhawatirkan. Bahkan, setingkat lagi kondisi itu akan mengantarkan pada tindakan anarkis. Oleh sebab itu, ia mengingatkan anggota DPR RI untuk tidak main-mian dengan tuntutan penggunaan hak interpelasi terhadap pemerintah.

Dikatakan, warga korban semburan lumpur sudah tidak lagi percaya pada siapa pun dan pihak mana pun, termasuk pemerintah. Itu berarti telah mengkhawatirkan dan satu tingkat lagi menuju tahap anarki atau kekacauan masyarakat. Untuk mengatisipasi kemungkinan terburuk, PBNU telah bertemu dan menerima masukan dari anggota DPR RI lintas fraksi, penggagas interpelasi Lapindo, anggota DPRD Jatim dan tokoh NU.

Menurutnya, ketidakpercayaan warga korban semburan lumpur yang sudah berlangsung satu tahun itu, menurut Hasyim, akibat kebijakan dan penangangan pemerintah yang terkesan sangat tidak serius. Bahkan, katanya, saat ini telah terjadi upaya penelantaran terhadap warga. “Hal itu diperparah perbuatan pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan bencana tersebut demi keuntungan pribadi,” tegasnya. (San/Edi)-z.

http://222.124.164.132/article.php?sid=127116

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: