Wabup Gabobani Buka Lokakarya Penanggulangan Bencana Alam

Wabup Gabobani Buka Lokakarya Penanggulangan Bencana Alam

Sabtu, 5 Mei 2007 17:50:28
Wakil Bupati (Wabup) Ende, Bernadus Gadobani, S.Ag secara resmi membuka Lokakarya Kebijakan Nasional dan Rencana Aksi Daerah untuk Penanggulangan Bencana dan Mitigasi Bencana yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bappeda Jalan El Tari Ende, Rabu(11/4).

Wabup Gadobani dalam sambutannya mengatakan bencana alam dalam berbagai bentuk dan jenis sudah sering melanda wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) khususnya Pulau Flores. Bencana alam yang terjadi sangat mengerikan terakhir adalah tsunami Desember 1992 dan bencana alam teraktual adalah busung lapar, gizi buruk dan rawan pangan yang masih mengisahkan pekerjaan penanggulangannya hingga saat ini.

Menurut Wabup Gadobani, bencana alam yang terjadi sangat bervariasi terutama non alam sedangkan bencana alam sangat terikat dengan beberapa komponen pokok yang meliputi struktur topografi, siklus iklim serta ulah manusia pengelola itu sendiri. Kondisi alam ini tidak urung sering menimbulkan berbagai jenis bencana.

Pemerintah daerah tidak berdiam diri mempunyai kewajiban sebagai komponen penyelenggara tugas-tugas Negara dan fungsi-fungsi Negara dan fungsi-fungsi pemerintah telah diupayakan dengan berbagai cara baik terencana maupun darurat.

Seperangkat aturan dan ketentuan penanggulangan bencana tersedia institusi lengkap dengan berbagai tugas dan tanggung jawab untuk menangani urusan bencana dan dana pun dialokasikan untuk menghadapi berbagai bentuk bencana serta telah disiagakan seperangkat fasilitas di beberapa titik rawan bencana yang selalu siap untuk dioperasikan ketika terjadi bencana.

Wabup Gadobani diakhiri sambutannya mengharapkan dengan lokakarya dapat menghasilkan sebuah rekomendasi tentang model dan pola penanggulangan bencana yang dapat dijadikan sebagai referensi bagi pemerintah daerah dalam menetapkan kebijakan penanggulangan bencana sebagai wujud rencana aksi daerah.

Lokakarya sehari itu bertujuan untuk menyusun rencana program pengurangan resiko bencana untuk Kabupaten Ende menampilkan pembicara dari Pusat Jakarta maupun Provinsi NTT dan Kabupaten Ende dengan materi meliputi : hazard atau ancaman di Kota Ende, Peran Pemerintah Daerah dan Rencana Aksi Daerah, Pemetaan ancaman / hazard, resiko dan kemampuan daerah.

Kegiatan diikuti berbagai instasi terkait termasuk akademisi dan jaringan pemerintah setempat.(adm/hyt/humas Ende)

http://www.ende.go.id/src/index.php?menu=news&&action=detail&&ID=623&&dbc=69

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: