Indonesia Disaster Management Workshop

Indonesia Disaster Management Workshop

(12-06-2007)
FotoWorkshopIDMWUS_A.jpg Pada hari Rabu hingga Jumat tanggal 6-8 Juni 2007 bertempat di Hotel Borobudur Jakarta telah berlangsung acara Workshop Indonesia Disaster Management yang diselenggarakan oleh BAKORNAS, TNI dan dukungan lembaga international Center For Excellence in Disaster Management and Humanitarian Assistance (COE)/USPACOM serta didukung pula oleh United Nations through the UN Technical Working Group (UNTWG).

Acara dihadiri oleh hampir seluruh institusi nasional yang terlibat dalam penanggulangan bencana baik di tingkat pusat, pemerintah daerah, TNI, Polri dan juga dari perwakilan Negara-negara di Asia Pasifik dan NGO dalam dan luar negeri. Beberapa institusi yang hadir diantaranya adalah Bulog, Direktorat Jenderal Imigrasi, Depkes, Depdagri, Dephan, Departemen ESDM, Depsos, Dephub, Depdagri, Deplu, Basarnas, dari LPND seperti BMG, Bakosurtanal. Hadir pula dalam acara ini PMI dan LSM seperti Walhi dan MPBI (Masyarakat Peduli Bencana Indonesia). Sementara institusi regional dan UN diantaranya adalah Sekretariat ASEAN, UN Ocha, Danish Red Cross, IFRC, ADPC, PDC.

Sekilas mengenai The Center for Excellence (COE), organisasi ini merupakan salah satu dari unit dari Departemen Pertahanan Amerika yang dibentuk pada tahun 1994 oleh Kongres Amerika dan bertanggung jawab pada Komando US untuk Asia Pasifik. COE memiliki Misi untuk mempromosikan hubungan manajemen yang efektif antara Sipil dan Militer dalam bantuan internasional kemanusiaan, tanggap darurat bencana (disaster response) dan perdamaian melalui program-program pendidikan, pelatihan, penelitian dan informasi.

Pembukaan workshop dilakukan oleh Bapak Syamsu Muarif Kalakhar Bakornas dan hadir dalam acara pembukaan diantaranya adalah Mayjen B. Darmono (Asop Kasum TNI), Bapak Tabrani (deputi Bakornas), Gerard Bradford (Chief COE USPACOM) dan Reiko Niimi (Deputy to UN Resident Coordinator). Di Sesi pertama pagi hari Rabu 6 Juni 2007 berbicara Ibu Aisyah Baidlowi (DPR-RI dengan judul “Implementation of Indonesia Disaster Risk Reduction”), Mayjen TNI Heriyadi (TNI : TNI Command, Control and Capabilities for Disasters), DR. Ir. Suprayoga Hadi MSP (Direktur Bappenas : Strategis National Action Plan on Disaster Risk Reduction), dan Bapak Tabrani (Bakornas : Indonesia DM System).

Materi lain juga disampaikan dari Sekretariat ASEAN, ADPC, NDCC, UN Ocha. Acara kemudian dibagi menjadi 4 kelompok (Working Group) yaitu Kelompok I. Tsunami dengan melibatkan 3 wakil daerah, Kelompok II Gempabumi di Sumatera Barat, Kelompok III Letusan Gunungapi Yogyakarta dan Kelompok IV Flu Burung.

Diskusi berlanjut pada masalah studi kasus Contigency Planning untuk masing-masing issu di 4 kelompok tersebut, Koordinasi peran TNI dan Sipil dalam penanggulangan bencana dan mobilisasi masyarakat international dalam tanggap darurat bencana.

http://www.pirba.ristek.go.id/det.php?id=89

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: