Tambak dan Ribuan Pohon Bakau Hancur akibat Rob

Tambak dan Ribuan Pohon Bakau Hancur akibat Rob

Tegal, Kompas – Rob yang melanda wilayah Kelurahan Muarareja, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, akhir-akhir ini telah menyebabkan ribuan pohon bakau hilang dan tujuh hektar tambak milik petani hancur. Diperkirakan, kerugian mencapai sekitar Rp 500 juta.

Ketua Pengelolaan Sumberdaya Berbasis Komunitas Laut Biru Kota Tegal, Suharjo, Selasa (5/6), mengatakan, rob melanda sedikitnya empat RT di Kelurahan Muarareja sejak pertengahan bulan Mei lalu. Menurut dia, peristiwa itu sebenarnya merupakan fenomena alam yang terjadi setiap tahun. Namun, rob yang terjadi tahun ini jauh lebih besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Genangan rob juga melebar hingga radius 500 meter.

Sejak dimulainya program penanaman bakau tahun 2000, jumlah tanaman bakau yang ada di wilayah Muarareja mencapai 17.000 pohon. Akibat abrasi dan rob yang terjadi setiap tahun, sejumlah pohon rusak atau hilang. Meskipun demikian, jumlah pohon rusak hanya sedikit, kurang dari 20 persen.

Namun, tahun ini pohon bakau yang rusak sangat banyak. Saat ini, hanya sekitar 50 persen pohon bakau yang masih tegak.

Tambak yang hancur saat ini tidak dapat difungsikan lagi. Akibatnya, para pemilik tambak merugi hingga sekitar Rp 500 juta. Menurut Suharjo, sebelum terkena rob pertengahan Mei lalu, semua tambak itu masih digunakan untuk memelihara bandeng.

Kerusakan tambak yang terjadi tahun ini menambah jumlah tambak rusak atau hilang akibat abrasi dan rob yang terjadi sejak tahun 1980-an. Selama kurun waktu itu, sedikitnya 200 hektar tambak hilang dan lebih dari 20 meter lebar pantai terkikis.

Upaya memperkecil rob, kata Suharjo, harus segera dilakukan karena diperkirakan rob tahun depan akan lebih besar lagi. Upaya yang bisa ditempuh di antaranya dengan pembangunan pemecah gelombang atau break water. (wie)

http://www.kompas.com/kompas-cetak/0706/09/jateng/54554.htm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: