6.000 Rumah Diverifikasi untuk Dapat Bantuan

6.000 Rumah Diverifikasi untuk Dapat Bantuan

BANTUL, KOMPAS – Pemerintah Kabupaten Bantul berencana menyerahkan hasil verifikasi rumah rusak sedang dan ringan ke Pemerintah Provinsi DI Yogyakarta, Kamis (28/6). Pemkab Bantul juga akan meminta izin untuk memverifikasi sekitar 6.000 rumah untuk diajukan sebagai data susulan.

Sekretaris Daerah Bantul Gendut Sudarto, Rabu lalu, menjelaskan, data yang akan diserahkan adalah 97.616 rumah. Jumlah ini mencakup 39.900 rumah rusak sedang dan 57.716 rumah rusak ringan. Ini jauh berkurang dari data awal yang diajukan bulan lalu sekitar 105.662 rumah.

Namun, jumlah ini barulah ajuan tahap pertama. Gendut mengatakan masih ada sekitar 4.000 rumah rusak sedang dan 2.000 rumah rusak ringan yang masih diverifikasi ulang.

“Jumlah yang tersisa ini muncul karena ada banyak warga yang meminta pemerintah mengecek kembali tingkat kerusakan rumah mereka,” kata Gendut.

Verifikasi data susulan ini akan dilaksanakan mulai Sabtu pekan ini selama seminggu penuh. Masyarakat yang akan diverifikasi diminta untuk membuat surat pernyataan rumah mereka benar-benar rusak sedang dan ringan akibat gempa, meskipun kondisi saat ini sudah baik.

Mengenai kemungkinan data verifikasi susulan tersebut akan disetujui atau tidak, Gendut menyerahkan sepenuhnya pada Pemprov DIY. Namun, ia optimistis jumlah ini bisa disetujui. Di Yogyakarta

Di Kota Yogyakarta, dana rekonstruksi rumah rusak sedang korban gempa bumi 27 Mei 2006 akan diberikan awal bulan Juli. Sejumlah 9.774 kepala keluarga (KK) mendapat masing-masing Rp 4 juta.

Tim Pembantu Pejabat Pembuat Komitmen Kota Yogyakarta Eko Suryo mengutarakan, mekanisme pencairan dana diawali dengan pembentukan kelompok masyarakat (pokmas). Satu pokmas terdiri atas 40-50 KK. Sebelum menerima bantuan, tiap KK wajib mengisi surat pernyataan yang sudah disediakan.

Surat tersebut menyatakan bahwa penerima adalah benar pemilik rumah, belum pernah mendapatkan bantuan dana rehabilitasi dan rekonstruksi, maupun bantuan dana Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP). Pernyataan juga berisi kesanggupan dana akan digunakan untuk perbaikan rumah yang rusak. (AB2/PRA)

http://www.kompas.com/kompas-cetak/0706/22/jogja/1038817.htm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: