ANTISIPASI PENERIMA BANTUAN DOBEL; Butuh Kejujuran dan Ketelitian

ANTISIPASI PENERIMA BANTUAN DOBEL; Butuh Kejujuran dan Ketelitian

Saturday, 16 June 2007, Yogyakarta
BANTUL(KR) – Untuk mengantisipasi penerima bantuan dobel, tim verifikasi rumah rusak sedang dan ringan harus benar-benar cermat dan teliti. Masyarakat juga harus jujur. Hanya dengan cara ini dana rekonstruksi dapat segera cair dan tepat sasaran.

Hal itu dikatakan Ketua Komisi C Uminto Giring Wibowo SE MM di dampingi Wakil Ketua Amir Syarifudin kepada KR, Jumat (15/6). ”Yang diperlukan hanya kejujuran. Hanya dengan semangat ini, dana rekonstruksi dapat segera cair. Warga yang sama sekali belum pernah menerima bantuan juga dapat menikmati bantuan,” ujarnya.

Amir Syarifudin menambahkan, supaya tidak terjadi penerima bantuan dobel, Warga harus transparan bila petugas melakukan pendataan.

Jangan sampai memanipulasi data. Petugas juga harus jujur.

Bila ada warga yang sudah menerima bantuan segera mencoret dan memberikan kepada korban gempa yang tercecer.

Dipaparkan, sampai saat ini sejumlah pengaduan masuk ke Komisi. Pengaduan tersebut akan ditindak lanjuti. Beberapa warga memberikan laporan data yang dilakukan tidak akurat, karena menurut pemilik rumah kerusakan yang dialami sedang tetapi dimasukan ringan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tim verifikasi harus bisa memberikan penjelasan kriteria rusak sedang dan ringan kepada warga.

Wakil Ketua Fraksi Golkar Drs H Suwardi yang dihubungi terpisah mengatakan, sebagai bahan pertimbangan, masyarakat juga perlu melakukan pendataan. Selanjutnya, data yang sudah tercatat, harus diberikan kepada pemerintah daerah Kabupaten Bantul supaya dicocokkan.

Dengan begitu tidak akan ada korban gempa yang terlewati. Yang penting adanya juga pengawasan dari pihak warga, jangan sampai nantinya menimbulkan masalah. Pengaduan korban gempa yang tercecer tetapi data sudah dikunci, bisa terjadi masalah. (*-3)-n

http://222.124.164.132/article.php?sid=127187

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: