DUGAAN PENYIMPANGAN DANA REKONS; Kejari Sleman Mulai Lakukan Pengusutan

DUGAAN PENYIMPANGAN DANA REKONS; Kejari Sleman Mulai Lakukan Pengusutan

Thursday, 21 June 2007, Yogyakarta
SLEMAN (KR) – Dugaan penyimpangan dana rekonstruksi korban gempa yang terjadi daerah Carikan, Tamanmartani, Kalasan mulai ditindaklanjuti Kejaksaan Negeri (Kejari) Sleman. Rabu (20/6) kemarin, beberapa saksi sudah dipanggil dan dimintai keterangan terkait dugaan adanya pemotongan dana rekonstruksi yang jumlahnya mencapai puluhan juta rupiah.

Pemotongan dana tersebut dilakukan dengan dalih kearifan lokal yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Meskipun menurut Dukuh setempat, dana yang dipotong tiap KK Rp 5 juta telah dikembalikan.

Sumber resmi KR di Kejari Sleman saat dikonfirmasi KR membenarkan, pihak kejaksaan telah memulai pemeriksaan terhadap kasus dugaan penyimpangan dana rekonstruksi tersebut, dengan meminta keterangan dari para saksi.

Menurut sumber yang enggan dikutip namanya itu, kemarin, telah diperiksa 3 orang saksi. Tapi karena pemeriksaan ini baru bersifat pengusutan, belum sampai pada tahapan penyidikan, maka hasilnya belum dapat diungkapkan kepada masyarakat.

“Nanti kalau sudah positif dik (penyidikan), silakan diberitakan,” ujar Kasi Intel Kejari Sleman, Drs Bambang Surya Irawan SH ketika dihubungi di ruang kerjanya.

Sementara itu, menurut Gatot salah seorang saksi yang telah didengar keterangannya di Kejari Sleman hari itu mengungkapkan, dirinya memang telah menerima penyerahan uang potongan dana rekonstruksi dari Dukuh Carikan setempat sekitar Rp 32 juta. Namun sebagian uang tersebut telah diberikan pada korban gempa yang berhak, sedangkan sebagian semula masih berada ditangannya.

“Karena telanjur menjadi kasus, ya sebagian dana saya pending,” ujar Gatot sambil menambahkan. Dari jumlah Rp 32 juta lebih, sekitar 60 persen dana yang semula dipotong dari para korban gempa sudah dikembalikan.

Hingga kemarin belum dipastikan siapa tersangkanya dalam kasus ini. Setelah para saksi didengar keterangannya, barulah akan ditentukan tersangkanya, kata sumber di kejari Sleman. (Zhd)-d

http://222.124.164.132/article.php?sid=127751

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: