HASIL VERIFIKASI RUMAH RUSAK SEDANG – RINGAN; Sebanyak 3.000 KK Masih Bermasalah

HASIL VERIFIKASI RUMAH RUSAK SEDANG – RINGAN; Sebanyak 3.000 KK Masih Bermasalah

Wednesday, 20 June 2007, Yogyakarta
BANTUL (KR) – Meskipun verifikasi rumah rusak sedang dan ringan bagi korban gempa di Bantul sudah selesai namun masih menyisakan sekitar 3.000 KK atau sekitar 3 persen yang bermasalah. Sebagian dari mereka adalah penerima bantuan dobel maupun tercecer yang tersebar di 3 kecamatan. Dengan demikian data yang akan dikirim ke propinsi baru sekitar 97.242 KK atau sebanyak 97 persen dari 101.000 KK. Sedangkan mekanisme pencairan dana masih akan dibahas tetapi kemungkinan menggunakan sistem Pokmas.

Demikian disampaikan Bupati Bantul, Drs HM Idham Samawi, Selasa (19/6) di Parasamya Pemkab Bantul. “Dari hasil verifikasi masih ada sekitar 3 persen yang perlu kita diskusikan lagi. Sebagian memang karena terdaftar menerima bantuan dobel dan tetap bersikukuh untuk mendapatkan bantuan sehingga masih harus diverifikasi. Sehingga, data penerima banyak yang turun. Meski begitu tetap tidak ada dana sisa karena by name yang kita ajukan ke propinsi adalah hasil verifikasi,” ungkapnya.

Sebenarnya target pengiriman data ke propinsi adalah Kamis besok namun karena Bagian Administrasi Pembangunan (AP) baru sanggup menyelesaikan 97-98 persen. Sisanya masih akan didiskusikan lagi sehingga data yang akan dikirimkan ke propinsi belum bisa 100 persen. Meski baru 98 persen namun dana bisa segera dicairkan sedangkan sisanya tetap diproses. Sehingga, diharapkan waktu pencairan tidak berselang lama.

Untuk mekanisme pencairan, menurut Idham, kemungkinan masih akan menggunakan sistem Pokmas hanya saja anggotanya setiap Pokmas sekitar 40-50 KK. Jumlah tersebut dimungkinkan akan mencakup lintas kecamatan. Walaupun jumlah anggota banyak namun hal itu tidak akan merepotkan karena anggota tidak perlu lagi mempertanggungjawabkan kuitansi maupun pengurusan IMB. Nantinya, satu orang tetap akan mendapatkan satu rekening di bank.

“Pokmas ini akan tetap berkelanjutan walaupun proses rekonstruksi sudah selesa, misalnya untuk kegiatan swadaya masyarakat,” katanya.

Walaupun data penerima bantuan turun namun tidak akan terdapat dana sisa. Bahkan, sekitar 3 persen yang bermasalah rencananya tetap akan dimintakan ke Pemprop DIY. Sehingga, Idham berharap Pemprop tidak akan mengunci data karena masih ada yang perlu didiskusikan lagi.

Sementara untuk Pokmas susulan dari jumlah 13.000 KK sampai dengan Jumat lalu sudah lebih dari 4.000 KK yang mencairkan. Untuk DIPA non perumahan masih akan diusulkan karena Pemkab Bantul bertekad akan menyelesaikannya. Agustus 2007 ini Pemkab akan mulai untuk mengurus DIPA non perumahan.(R-3)-n.

http://222.124.164.132/article.php?sid=127656

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: