Bencana Ekologis Ancam Prabumulih

Di tengah rentetan bencana alam yang susul-menyusul di seluruh Indonesia, kehidupan masyarakat Prabumulih masih berlangsung tenang. Kota kecil berjarak 90 km dari Palembang ini, hingga saat ini memang belum pernah didera bencana-bencana alam seperti banjir, tanah longsor, atau gempa bumi.  

Kendati demikian, menurut Julius Marlin, peserta Konferensi Rakyat Indonesia (Jakarta, 1 – 4 Juli 2007), masyarakat Prabumulih berada di bawah bayang-bayang potensi bencana ekologis. “Yang paling menakutkan adalah tercemarnya sungai Lematang oleh pabrik pulp dan kertas PT. Tanjung Enim Lestari (PT. TEL). Sebab, sungai Lematang adalah sumber air bersih (PDAM) bagi masyarakat Prabumulih.”

 Sapriyanto, aktivis Mulan Komunitas Prabumulih, menambahkan potensi bencana ekologis yang lain berasal dari aktivitas penambangan minyak dan gas bumi. “Hampir setiap hari, terjadi kebocoran minyak yang mencemari sungai-sungai dan lahan-lahan pertanian rakyat,” tutur Sapriyanto. [] [tulisan ini juga dimuat di blog dusunlaman / kumpulan catatan kecil tentang prabumulih;  http://www.dusunlaman.blogspot.com ]

Satu Balasan ke Bencana Ekologis Ancam Prabumulih

  1. aguskarsayudha mengatakan:

    Semua bencana mungkin saja terjadi disetiap daerah tidak terkecuali prabumulih. Itu wajar-wajar saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: