Manajemen Analis Pengurangan Resiko Bencana Oleh BGR-Germany

Manajemen Analis Pengurangan Resiko Bencana Oleh BGR-Germany

Bapeda Bidang Perencanaan Wilayah (selasa, 3 Juli 2007, Ruang A) mengadakan pertemuan dalam rangka mencari masukan berkaitan dengan kegiatan BGR-Germany di Provinsi DIY. Paparan dari BGR-Germani ini dilakukan untuk mempresentasikan kegiatan yang akan dilakukan di Kabupaten Bantul pada tahun 2007. Acara dibuka oleh Kepala Bidang Perencanaan Wilayah Bapeda Provinsi DIY Ir. Hery Lantjono, CES dan diikuti oleh unsur birokrat (distrantib, bapedalda, disperindagkop, instansi kabupaten/kota), perguruan tinggi (UGM, UPN, UII) dll.

Menurut Ir. Hery Lantjono, CES, “ paparan dari BGR ini diharapkan akan menjadi bagian dari Rencana Aksi Daerah Penanggulangan Resiko Bencana yang ada di Provinsi DIY ditinjau dari aspek geoteknik”. Bencana di DIY bukan hanya tanggung jawab dari kalangan birokrat saja namun semua stakeholder diharapkan masukan dalam rangka mencari konsep yang mempunyai kearifan lokal.

Untuk melengkapi rencana kegiatan yang akan dilakukan oleh BGR-Germani, Bapeda Provinsi DIY yang diwakili oleh Danang Syamsurizal, ST memaparkan konsep rencana aksi daerah berkaitan dengan pengurangan terhadap resiko bencana.

Selain dari Bapeda, pada kesempatan ini beberapa narasumber yang menyampaikan materi antara lain : Ir. Sugalang dari Badan Geologi Bandung dan D. Baizer, D. Kuhn serta A. Hoffmann-Rothe dari BGR-Hannover. Materi yang disampaikan adalah Disaster Risk Management Part (I) : (Geo-) Risk Analysis DI Yogyakarta, Kabupaten Bantul. Berdasarkan narasumber diatas diketahui bahwa paparan ini merupakan awal kegiatan sebelum nantinya akan melibatkan beberapa ahli geoteknik lainnya. Direncanakan tanggal 12 Juli 2007, semua tenaga ahli yang terlibat di kegiatan ini sudah bisa mulai bekerja di Provinsi DIY.

Harapan terbesar dari pertemuan ini adalah adanya koordinasi dan kerjasama antara ahli-ahli di bidangnya baik dari dalam maupun luar negeri sehingga mampu merumuskan suatu konsep rencana aksi daerah Provinsi DIY dalam rangka mengurangi resiko bencana dan pada akhirnya mampu memberikan rasa aman bagi masyarakat yang tinggal di jogja (ti-bpd)

http://www.bapeda.pemda-diy.go.id/detail.php?jenis=16&id=3367&PHPSESSID=42686317f88c5c49980cbdb1b8de3716

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: